Negeri Ads

Tuesday, January 12, 2010

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA DAN MACAM PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CAISIM (Brassica juncea L.) DENGAN SISTEM VERTIKULTUR.

Mujianto, Endang Setia M, MSi, Wartoyo SP., MP.

ABSTRAK

Caisim (Brassica juncea L.) merupakan salah satu jenis sayuran daun yang banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan sayuran yang mengandung zat-zat gizi yang cukup lengkap serta dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan macam pupuk daun serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim (Brassica juncea L.) yang ditanam secara vertikultur.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2005, di Laboratorium Rumah Kaca FP UNS Surakarta. Rancangan yang digunakan adalah RAL yang disusun secara faktorial, terdiri dari dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama komposisi media dengan taraf Tanah+Kompos+Abu Sekam, Tanah+Kompos+Arang Sekam, Tanah+Kompos+Pasir. Faktor kedua adalah macam pupuk daun dengan empat taraf yaitu tanpa pupuk daun, Gandasil D, Sampurna D, dan Hyponex merah.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan komposisi media tanam tidak berinteraksi dengan perlakuan macam pupuk daun. perlakuan macam pupuk daun tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan. Perlakuan komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman per rangkaian (1 rangkaian= 3rak), berat segar tajuk, berat kering akar, luas daun, kandungan klorofil daun, dan berat kering tajuk. Penggunaan komposisi media Tanah+Kompos+Pasir memberikan hasil terbaik pada berat segar tajuk yaitu 19,99 g, dibandingkan dengan kedua komposisi media yang lain.

Kata kunci: vertikultur, komposisi media, pupuk daun, caisim (B. juncea L.)

No comments:

Post a Comment